Yang Lunak Buat Akses Internet

KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan nikmat kepada makhluk-Nya, baik nikmat iman, Islam, sehat wal afiat, dan nikmat akal sehingga kita dapat mempelajari dan mengamalkan ilmu-ilmu Allah SWT. yang tersirat di dunia ini.
Shalawat serta salam tetap tercurahkan kepada Baginda Agung Nabiyullah Muhammad SAW. yang senantiasa kita nantikan syafa’atnya di hari akhir.
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, perlu diadakannya pembelajaran-pembelajaran untuk menunjang pola pikir manusia itu sendiri sehingga dapat berfikir secara cermat, analitis, kritis, dan kreatif. Untuk itu, penulis ucapkan terima kasih kepada guru pembimbing TIK penulis, bapak Isro Suwanto,S.Pd.I. yang telah memberikan kepercayaan kepada penulis sehingga penulis mampu menyelesaikan tugas yang diberikan pada Kamis, 16 Januari 2014 dan dapat selesai dengan tepat waktu.
Dalam penyusunan tugas ini, penulis ingin berterima kasih kepada :
1. Ayah dan Ibunda tercinta, yang selalu memberikan doa, semangat, motivasi, dan juga nasihat kepada penulis.
2. Ibu Sri Marliyatun, S.Pd. selaku wali kelas penulis di kelas IX A yang telah memberikan dukungan besar terhadap penulis dan atas doa yang terpanjat untuk penulis.
3. Bapak Isro Suwanto,S.Pd.I. selaku guru pembimbing penulis yang sangat sabar dalam memberikan bimbingan, saran, serta masukan yang dapat memberikan inspirasi bagi penulis dalam tugas ini..
4. Sahabat seperjuangan penulis, Marlina, Ryan, Atin, dan Umi di kelas IX A MTs Darul Abror Kedungjati yang selalu berbagi suka dan duka dalam proses penyelesaian tugas ini dari awal hingga akhir.
5. Segenap pihak yang telah membantu penulis dalam proses penyelesaian tugas ini, sehingga dapat selesai dengan tepat waktu.
Tak ada gading yang tak retak. Tak ada yang sempurna di dunia ini. Demikian pula dengan tugas TIK ini. Kritik dan saran sangatlah penulis harapkan dan dapat disampaikan secara langsung maupun tidak langsung. Penulis berharap, tulisan ini dapat memberikan sedikit wacana dan dapat menjadi sumber inspirasi.

Internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Agar dapat terhubung dengan internet, sebuah komputer harus dilengkapi dengan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada di internet. Selain itu, komputer juga harus terhubung dengan sebuah ISP tertentu. ISP adalah perusahaan jasa layanan internet.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah memungkinkan kita untuk melakukan koneksi ke internet dengan berbagai pilihan koneksi. Untuk mengakses dan menjelajah internet kita membutuhkan beberapa perangkat lunak atau sering kita sebut dengan istilah software yang menjadi infrastruktur dasar dan sarana untuk memasuki lingkungan internet.
A. Pengertian Software
Software(perangkat lunak) merupakan suatu program yang dibuat oleh pembuat program untuk menjalankan perangkat keras komputer. Software adalah program yang berisi kumpulan instruksi untuk melakukan proses pengolahan data. Software sebagai penghubung antara manusia sebagai pengguna dengan perangkat keras komputer, berfungsi menerjemahkan bahasa manusia ke dalam bahasa mesin sehingga perangkat keras komputer memahami keinginan pengguna dan menjalankan instruksi yang diberikan dan selanjutnya memberikan hasil yang diinginkan oleh manusia tersebut.

B. Macam-Macam Software
Adapun macam-macam Software adalah sebagai berikut :
1. Sistem Operasi (Operating System)
2. Web Browser
3. E- mail Client
4. Instant Messaging Client
5. Program Bantu (Utility)

Dalam tulisan ini, yang akan kita bahas hanya mengkhususkan pada web browser.
a. Pengertian Web Browser

Web Browser adalah software yang berfungsi untuk menampilkan dan berinteraksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web.
Web adalah kumpulan jaringan berisi dokumen teks dan multi media yang tersambung satu dengan yang lainya atau yang dikenal dengan World Wide Web (WWW).
Awalnya, web browser berorientasi pada teks dan belum dapat menampilkan gambar. Namun, web browser sekarang tidak hanya menampilkan gambar dan teks saja, tetapi juga memutar file multimedia seperti video dan suara. Web browser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informatif. Dengan menggunakan web browser, para pengguna internet dapat mengakses berbagai informasi yang terdapat di internet dengan mudah.

b. Macam-Macam Web Browser

Saat ini, banyak web browser yang dapat dipilih, diantaranya sebagai berikut :
1) Internet Explorer (IE)
Internet Explorer pertama kali dirilis sebagai bagian dari add-on paket Plus! for Windows 95 pada tahun 1995 yang dikembangkan oleh Microsoft. Rilis terbaru adalah Internet Explorer 8. Menurut “Net Application” yang melakukan survey tentang penggunaan browser, menempatkan Internet Explorer sebagai urutan pertama. Penggunaan Internet Explorer yang merupakan browser keluaran Microsoft dan didistribusikan bersama-sama dengan system operasi Windows. Jika system operasi yang digunakan di komputer Anda adalah Windows, maka secara otomatis Internet Explorer ada di komputer Anda.
Internet Explorer sejak versi 7 telah menjadi browser dengan system tab. Dengan system itu, kita dapat menampilkan banyak halaman web dalam satu jendela browser dalam tab-tab. Cara ini memudahkan pengguna untuk membuka banyak situs sekaligus dan berpindah dari satu halaman web ke halaman web lainnya.

explorer
explorer 8
Internet Explorer sangat institutif dan mudah digunakan. Tab baru dapat ditambahkan di jendela browser hanya dengan sekali klik. Selain itu, Internet Explorer juga disertai dengan fitur keamanan yang baik dan memiliki mode browser pribadi untuk menjaga privasi penggunanya. Mode ini tidak akan menambahkan situs yang dikunjungi ke daftar history sehingga mencegah orang lain melihat situs apa saja yang kita kunjungi.
Kelebihan dan kekurangan Internet Explorer:
Kelebihan:
• Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox.
• Khusus IE 8,t ampilannya lebih elegan dan menarik.
• Bagi pengguna Windows live maka akan dimanjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur Windows live.

Kelemahan:
• Gagal membaca script di beberapa halaman situs (khususnya CSS).
• Berat saat awal start dan saat membuka tab baru.

2) Mozilla Firefox

Mozilla Firefox oleh Mozilla Corporation, Firefox adalah salah satu web browser open source yang dibangun dengan Gecko layout engine. Tak hanya handal Firefox juga didukung oleh sejumlah Add-ons yang dapat diinstall terpisah yang memungkinkan pengguna melakukan sesuai dengan kegunaan Add-ons tersebut. Firefox merupakan salah satu Browser yang terpopuler saat ini selain IE. Bahkan menurut “Net Application” yang melakukan survey tentang penggunaan browser, menempatkan Firefox di 24,61% dari penggunan web browser yang tercatat per Desember 2009. Rilis stabil saat ini adalah versi 3.5.7, yang dirilis pada 5 Januari 2010.
logo mozilla
logo mozilla2
Mozilla Firefox dapat kita download dari situs Mozilla (mozilla.com) secara gratis. Firefox mempunyai lebih dari 5.000 fitur add-ons tambahan yang dapat ditambahkan untuk meningkatkan pengalaman browsing. Fitur-fitur tersebut merupakan tool-tool untuk blogging, entertainment, humor, berita, privasi, dan keamanan. Kita bahkan bisa mengatur sendiri tampilan skin dan tema browser kita.
Sama dengan Internet Explorer, Firefox merupakan browser yang mempunyai tab-tab yang memungkinkan kita dapat berpindah dari satu halaman web ke halaman web lainnya dengan mudah. Firefox juga memungkinkan kita untuk mengatur urutan tab di jendela browser.
Firefox mempunyai tool-tool yang diatur dengan baik dan sangat institutif. Browser dapat digunakan dengan mudah sekalipun pengalaman baru pertama kali menggunakannya. Fitur-fitur yang disediakan sangat handal, berguna, dan sederhana.
Firefox dilengkapi dengan fitur keamanan yang akan melindungi pengguna dari serangan virus, spyware, malware, phishing, dan pop-up. Firefox juga akan memberikan peringatan jika Anda mengunjungi halaman web yang dinilai tidak aman. Untuk melindungi privasi penggunanya, Firefox melengkapi diri dengan fitur sekali klik untuk menghilangkan informasi pribadi pengguna, seperti history, cookies, dan password.
Firefox merupakan browser yang sangat cepat. Pengguna dapat menampilkan halaman web dengan cepat dan tanpa masalah. Selain itu, Firefox juga sangat kompatibel dengan berbagai aplikasi yang ada di internet. Dengan semua keandalan yang dimilikinya, tidak heran Mozilla Firefox menjadi browser yang paling banyak digunakan saat ini.
Kelebihan dan Kelemahan Mozilla Firefox:
Kelebihan:
• Merupakan browser dengan perkembangan paling pesat dan jumlah pengguna yang terus meningkat.
• Security yang dimiliki Firefox lebih handal dibanding yang lain.
• Browser ini juga terkenal dengan add-ons-nya yang banyakserta baik itu dari Mozilla sendiri ataupun dari komunitas pengembangnya di seluruh dunia (Betatester).
• Browser ini juga memiliki kemungkinan konfigurasi yang sangat banyak, jauh dibandingkan IE. Ukuran aplikasi yang relative kecil, yaitu sekitar 4,7 MB, dibanding IE yang dapat mencapai 80 MB dan mendukung berbagai jenis jalan pintas untuk aksi, baik yang berupa tombol pintas misalnya Ctrl+T untuk membuka tab baru maupun gerakan mouse pintas (mouse gesture) misalnya menekan tombol kanan mouse sambil menggeser mouse ke kiri menuju halaman sebelumnya.
• Penghentian pop up, yang secara otomatis telah terintegrasi dalam penginstalan awal dan mampu mematahkan pembatasan aksi pengguna, misalnya penyembunyian status bar atau penguncian browser, sehingga pengguna tidak dapat memperbesar atau memperkecil ukuran browser.
• Penampilan halaman yang lebih lapang dengan area toolbar lebih ringkas, fitur organisasi bookmark yang mampu mengorganisasi beberapa tab sekaligus, fitur menjelajah internet dengan tab. Fitur demikian akan memungkinkan pengguna untuk membuka beberapa URL sekaligus dalam satu jendela browser.
Kelemahan:

• Startup time atau waktu menjalankan program pertama kali sangat lama, ini membuat user tidak nyaman.
• Browser ini juga tidak berfungsi dengan optimal bila tidak ditambahi add-ons. Para crackers sekarang mulai membidik browser ini, karena jumlah penggunanya yang besar.
• Program update berarti mendownload versi baru dari Firefox, berbeda dengan IE yang hanya mengupgrade modulnya saja.
• Banyak add-ons tidak berfungsi apabila Firefox telah diupdate. Tetapi hal ini hanya berlaku untuk perubahan yang besar, misalnya dari versi 2 ke versi 3.
• Waktu proses halaman situs tertentu lebih lambat, diperkirakan karena masalah kompatibilitas atau kesesuaian antara pengkodean halaman situs dengan browser Mozilla Firefox.
• Browser ini juga tidak terintegrasi dengan Outlook maupun Outlook Express, beberapa fasilitas e-mail tidak bekerja dengan baik, seperti melihat e-mail HTML maupun membuka link langsung dari e-mail di Outlook. Bahkan beberapa formulir online tidak merespon penekanan tombol Enter sebagai jalan pintas untuk menekan tombol “submit” di layar.

3) Opera

Opera adalah Browser Web dan Internet Suite yang dikembangkan oleh Opera Software Company. Jika Firefox punya Add-ons, Opera punya “Opera Widgets”, sebuah aplikasi web kecil yang dijalankan bersamaan dengan Opera yang mempunyai kegunaan tertentu, layaknya Add-ons Firefox.
Opera versi terbaru memperkenalkan platform teknologi baru yaitu Opera Unite, memungkinkan Anda untuk melakukan streaming musik atau berbagi file, foto, dan banyak lagi hal lainnya langsung dari browser. Saat ini rilis terakhir adalah 10.10 untuk Windows.
logo opera
opera whats new
Opera merupakan browser yang sangat user friendly dan dapat dikostumisasi untuk menyesuaikan diri dengan pengguna.Semua tombol diberi label sehingga memudahkan pengguna untuk menemukan tombol-tombol yang diinginkan sekalipun baru menggunakannya untuk pertama kali. Opera sangat intuitif, mudah dipelajari, dan digunakan.
Opera memungkinkan penggunanya untuk menfatur system keamananya. Browser ini dapat melindungi penggunanya dari popup, spyware, virus,dan skema phising. Untuk menghilangkan jejak penggunaan, dapat dilakukan hanya dengan sekali klik.
Opera mengklaim telah menjadi browser paling cepat di dunia.Opera cepat saat dijalankan dan saat menjalankan aplikasi.

Kelebihan dan kelemahan Opera :

Kelebihan:
• Ringan dan cepat
• Memiliki email client dan rss sendiri
• Pemanggilan kembali cache cepat
• Fitur mouse gestures,membuat browsing experience semakin asyik
Kelemahan:
Agak lambat membaca script pada beberapa situs.

4) Safari

Safari merupakan browser web yang dikembangkan oleh Apple. Pertama kali dirilis sebagai Beta pada 7 Januari 2003. Bulan Desember 2009, Safari memiliki 4,46% pangsa pasar menurut Net Applications. Saat ini rilis terakhir untuk safari adalah safari 4 untukMAC dan PC.
logo safari

5) Google Chrome

Google Chrome adalah sebuah browser web yang dikembangkan oleh Google yang menggunakan WebKit layout engine and Application Framework. Pertama kali dirilis sebagai versi Beta untuk Microsoft Windows pada 2 September 2008, dan publik adalah rilis stabil pada 11 Desember.
logo chrome

Kelebihan dan kelemahan Google Chrome:

Kelebihan:
• Ringan dan gesit,termasuk saat start pertama dan pindah tab.
• Desain simple dan minimalis.
• Updatenya mudah.
• System security kuat,saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker.
Kelemahan
Statis,fiturnya kurang banyak.
silahkan dowload fiilenya disini dan disini

dari berbagai sumber yang disusun oleh
Kelompok I
(Donald Duck Group)
Ferryan Aji Purnomo
Marlina Akbar
Nuratin
Umi Sa’diyah
Tahun Pelajaran 2013/2014